Traveling

Liburan Lebaran di Ngebel

Telaga Ngebel

Lebaran lalu saya berkunjung ke Telaga Ngebel di Ponorogo. Sebetulnya ingin ke Telaga Sarangan. Tetapi karena takut akses kesana macet gara2 liburan, akhirnya keluarga memilih bersantai di Telaga Ngebel saja.

Menuju Ngebel, saya menggunakan akses masuk dari Dolopo Madiun. Dari jalan besar Dolopo, masuk ke jalan yang lebih sempit dengan kontur jalan yang naik turun. Tidak terlalu curam, tetapi kendaraan yang lewat memang harus prima daripada bermasalah di tengah perjalanan tentu tidak asyik.

Kurang lebih 30menit perjalanan dari Dolopo. Sampailah saya di Telaga Ngebel. Sempat bingung karena jalan yang direkomendasikan Google Maps ditutup, muter-muter akhirnya nemu jalan masuknya. Setelah parkir dan turun, eh kok sepi? Ternyata saya parkir di sisi berlawanan dengan wahana wisatanya .. pantes aja sepi .. cuma ada beberapa pedagang yang hilir mudik menawarkan dagangannya.

Panorama di Ngebel

Akhirnya saya pindah ke tempat yang ramai wahana. Memutari telaga karena ada sisi seberangnya. Di sepanjang perjalanan, pantulan matahari di permukaan air danau cukup menyilaukan. Kalau tidak hati-hati bisa kaget, dan bahaya juga sih kalau kena mata yang lagi nyetir kendaraan.

Pedagang Makanan dan Minuman di Ngebel

Telaga Ngebel pagi itu cukup ramai dikunjung wisatawan. Dilihat dari plat nomor yang ada di lapangan parkir, banyak kendaraan dari luar kota yang datang.

Di telaga ini, kamu bisa menikmati keindahannya dengan menaiki speedboat. Harganya Rp 60ribu .. saat di tengah2 telaga kamu akan ditawari apakah mau berkeliling dengan rute agak jauh? Harga yang dipatok untuk rute “jauh” ini Rp 100rb. Ya sudah sampai disana, sekalian saja kan pake rute yang “jauh” ..

Kalau rute pendek anda hanya akan dibawa sampai bukit, kemudian balik lagi ke start awal anda naik. Jika anda memilih rute panjang .. akan dibawa ke balik bukit, berputar sampai agak jauh dari start.

Naik Speedboat di Ngebel

Puas menikmati suasana di telaga, jangan lupa kamu coba aneka gorengan yang dijajakan di pinggir telaga. Gorengan panas, es kelapa muda, ditambah sepoi angin yang sejuk jadi paduan yang pas.

Tempat parkir untuk roda 4 diarahkan naik di sebelah kantor desa. Lapangan yang menurut saya cukup luas untuk menampung puluhan kendaraan.

Toilet umum juga cukup banyak di lokasi wisata ini. Kebersihan ya standar tempat wisata di Indonesia .. Tidak kotor, tapi juga ga bersih2 banget sih..

Pohon Ukuran Jumbo

Ada banyak pohon2 besar yang menurut saya bagus dijadikan background untuk foto anda, berfoto di tengah telaga saat anda naik speedboat juga cukup bagus,

Dibandingkan Telaga Sarangan yang sudah terlalu padat, Telaga Ngebel sama sekali tidak mengecewakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *