Other Self Uncategorized

Pengalaman Mengurus Plat Nomor baru di Samsat Tandes Surabaya

Mengganti plat nomor yang habis masa berlakunya 5 tahun sekali menjadi pengalaman pertama bagi saya. Sebelumnya sudah pernah sih, tapi saya gak langsung mengurus sendiri, melainkan meminta tolong saudara atau bahkan lewat calo.

Kebetulan plat nomor istri saya habis berlakunya bulan Agustus ini. Saya pun mencoba untuk mengurus sendiri. Karena istri saya susah buat cuti, dan KTP kami belum sealamat, saya mengajak adik ipar agar lebih gampang mengurusnya. Sebenarnya bisa menggunakan surat kuasa jika anda berhalangan hadir, tapi saya lebih memilih mengajak adik ipar saya yang sealamat.

Saya mengurus penggantian plat nomor ini di Samsat Surabaya Barat Tandes. Datang sekitar pukul 09.30 WIB, kendaraan di halaman samsat sudah penuh. Saya langsung memarkir motor di depan area cek fisik, lokasinya di sebelah kanan pintu masuk.

Setelah parkir, langsung saja ke loket cek fisik yang letaknya bersebelahan dengan area gesek rangka motor. Anda akan mendapatkan berkas disini. Biayanya Free ya. Setelah itu langsung menuju ke loket formulir. Disini biayanya juga gratis.

Areak cek fisik kendaraan

Setelah mendapat formulir dan berkas cek fisik. Langsung menuju ke fotokopian ya. Ini letaknya juga bersebelahan dengan loket cek fisik tadi. Berkas yang saya bawa, BPKB asli, KTP asli, dan STNK asli. Jangan lupa beli map agar berkas anda rapi dan mudah dibawa.

Setelah semua berkas digandakan, langsung saja menuju ke area cek fisik. Kalau di Samsat Tandes, ada meja kecil tempat berkas dikumpulkan. Disini ada petugas yang menulis nomor urut di berkas anda. Tapi kadang petugasnya hilang, jadi kita bisa nulis sendiri sesuai urutan yang ada di meja. Berkas ditumpuk, tinggal tunggu deh sampai nomor anda dipanggil.

Ambil Urutan Cek di Meja Kecil Ini

Karena area cek fisik yang sempit, sebaiknya naikkan (areanya agak sedikit di atas) motor anda pas dekat2 nomor dipanggil saja agar tidak mengganggu yang lain.

Satu jam lebih saya menunggu di area cek fisik ini. Ya karena memang datang sudah terlalu siang sehingga antreannya cukup banyak. Padahal prosesnya cukup simple. Petugas mengecek nomor rangka, dan menggesek untuk selanjutnya ditempel di berkas anda.

Setelah selesai proses cek fisik, langsung saja menuju ke gedung utama Samsat. Di Samsat Tandes, lokasi penerbitan STNK/plat nomor baru ada di lantai 2. Di lantai 2, kursi tunggu sudah penuh. Saya antre untuk menyerahkan berkas.. Kira2 10 menit baru sampai depan petugas. Dicek sebentar, langsung diserahkan ke loket 2. Di loket 2 anda harus menunggu lagi, disini kita akan melakukan proses pembayaran.

Suasana Lantai 2 Samsat Tandes

Setelah melakukan pembayaran di loket 2, serahkan berkas anda di loket penerbitan STNK. Disini kita menunggu sampai STNK baru selesai dicetak. Tidak lama, sekitar 5 menit STNK baru sudah di tangan

Setelah proses cetak STNK sudah selesai.. langsung kita diarahkan untuk mengambil Plat nomor baru. Ruang pembuatan plat nomor baru di Samsat Tandes ada di bagian belakang gedung utama, di samping kantin. Prosesnya sangat cepat, tidak sampai 2 menit plat nomor baru sudah selesai.

Ruang Pengambilan STNK di Belakang Gedung Utama

Total 3 jam saya habiskan untuk mengurus plat nomor baru ini. Beberapa hal yang masih kurang menurut saya, ada di antrean cek fisik yang mungkin membingungkan untuk yang baru mengurus. Selain itu, ruangan di lantai 2 gedung utama juga kurang dingin.

Loket informasi di lantai 1 sangat membantu jika kita bingung bagaimana proses pengurusan disini. Petugas yang lain seperti di cek fisik dan loket pembayaran juga ramah. top deh.

Yuk coba urus plat nomor baru anda sendiri. Jangan pakai calo ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *