Other Self

Legalisir Buku Nikah di KUA, Bayar?

Setelah beberapa bulan menikah, saya akhirnya punya keinginan untuk pecah Kartu Keluarga, agar bisa memiliki Kartu Keluarga sendiri. Tapi sebelum punya KK sendiri, saya terlebih dulu ikut ke KK milik keluarga istri saya.

Salah satu syarat untuk pindah KK adalah Legalisir Buku Nikah. Saya sempat berpikir legalisirnya mungkin akan ribet, memerlukan waktu lebih dari sehari, keluar uang, dan lain sebagainya. Ternyata pikiran saya salah. Legalisir buku nikah sangat mudah dan cepat.

Kebetulan KUA yang menerbitkan buku nikah saya ada di KUA Sambikerep Surabaya.

Saat saya datang kondisi kantor cukup sepi, hanya ada 2 petugas yang terlihat di dalam ruangan. Langsung saya masuk dan menyerahkan fotokopi dan buku nikah asli ke petugas. Tidak butuh waktu lama, fotokopian saya langsung distempel dan ditandatangani oleh petugas KUA. Petugas hanya bertanya tujuan legalisir saja.

Waktu yang diperlukan cuma 5 menit di KUA untuk mengurus legalisir buku nikah saya. Berapa biaya yang saya keluarkan untuk legalisir ini? Ternyata biayanya adalah Rp 0 alias GRATIS tanpa perlu keluar uang sepeser pun.

 

Tips:

  • Datang lebih awal sebelum jam makan siang agar petugas masih lengkap.
  • Fotokopi harus jelas, dari 7 lembar fotokopi yang saya bawa hanya 5 lembar yang bisa dilegalisir karena ada yang tidak jelas/buram
  • Fotokopi buku nikah bolak-balik, halaman 1-2 (foto) di atas, halaman 3-4 (identitas) di bagian bawah, dan halaman 5-6 (mahar) di halaman baliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *