Other Self Uncategorized

Jenis Produk Investasi Reksadana, Mana Yang Cocok Ya?

Sejak awal tahun lalu, saya mulai berinvestasi produk Reksadana. Dari hasil browsing kanan kiri, secara umum ada 4 jenis produk Reksadana. Reksadana ini berbeda-beda resikonya. Menjadi hal yang sangat penting tujuan investasi untuk digunakan sebagai apa, karena akan mempermudah kita mengambil produk reksadana mana yang sesuai.

1. Reksadana Pasar Uang
Money Market atau Reksadana Pasar Uang adalah reksadana yang investasinya pada pasar uang seperti di Deposito, dll. Reksadana jenis ini memiliki resiko paling kecil. Cocok untuk anda yang memiliki keinginan investasi jangka pendek atau kurang dari setahun. Produk ini aman dari gejolak naik turunnya saham, karena memang tidak berada pada instrumen saham.

2. Reksadana Pendapatan Tetap
Reksadana pendapatan tetap adalah reksadana yang dananya diinvestasikan ke dalam Obligasi atau Surat Utang/Sukuk. Hampir mirip dengan Reksadana Pasa Uang, hanya saja return atau pengembaliannya lebih tinggi. Produk ini juga cocok untuk invetasi jangka pendek, diatas setahun tapi masih dibawah 3 tahun.

3. Reksadana Campuran
Reksadana campuran adalah reksadana yang investasinya dicampur antara Saham dan Obligasi. Produk ini cocok untuk investasi jangka panjang, diatas 3 tahun tapi dibawah 10 tahun. Biasanya produk ini digunakan sebagai investasi untuk pendidikan. Resiko produk ini kategorinya sedang, bisa naik turun tapi tidak terlalu tajam. Hal ini karena dana kamu sebagian ada di deposito atau obligasi. Cocok untuk kamu yang berani ambil resiko.

4. Reksadana Saham
Reksadana Saham atau Equity fund adalah reksadana yang dananya diinvestasikan mayoritas ke dalam Saham. Reksadana aini memiliki resiko paling tingg, tapi returnnya juga paling tinggi. Nah produk ini cocok untuk investasi di atas 10 tahun. Karena reksadana ini fluktuasinya mengikuti pergerakan harga saham.

Jadi itu beberapa jenis Reksadana yang bisa kita beli untuk investasi. Setiap jenis memiliki plus minus masing-masing, dan semua tergantung tujuan kita investasi untuk apa. Saya memulai investasi di Reksadana sejak Januari 2017, pengalaman membeli Reksadana di BukaReksa bisa anda baca disini.

Yuk nabung Reksadana!

1 thought on “Jenis Produk Investasi Reksadana, Mana Yang Cocok Ya?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *