Other Self Uncategorized

Pengalaman Investasi Reksadana di BukaReksa

Menabung di bank dengan bunga yang tidak begitu besar menurut saya malah bikin rugi. Terkena inflasi yang cukup besar, terkena biaya administrasi dll, bukannya nambah malah saldo di rekening terus berkurang.

Setelah browsing artikel soal investasi, saya penasaran dengan investasi Reksadana. Jadi Reksdana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana yang diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi (MI)

Ada banyak Manajer Investasi yang ada di Indonesia. Sebut saja CIMB Principal Asset Managemet, Bahana TCW Investment Management, atau BNP Paribas Investment Partners. Setiap MI tentu memiliki kelebihan dan kekurangan jadi silakan kamu search di website masing2 biar lebih paham.

Di beberapa website yang saya baca, banyak yang menyarankan untuk membeli Reksadana di Bank Commonwealth, karena pelayanan yang bagus dan investasi awal yang murah. Tapi karena saya malas pergi ke bank, saya browsing apa ada Reksadana yang bisa dibeli secara online. Dari hasil browsing saya menemukan 2 website, yaitu BukaReksa milik BukaLapak dan Bareksa.com ..

BukaReksa memiliki tampilan yang sederhana, sedangkan Bareksa.com menurut saya lebih rinci dan lengkap. Karena masih awam dan mencoba, saya memilih membeli Reksadana di BukaReksa.

Januari tahun 2017 lalu saya memulai investasi di BukaReksa. Nah enaknya, minimal pembelian di BukaReksa ini hanya Rp 10.000! Investasi awal saya pun hanya 20 ribu rupiah.

Produk pertama yang saya beli adalah CIMB Principal Pasar Uang dengan Nilai Aktiva Bersih (NAB)/unit Rp1.000,16 .. Terakhir cek 18 Januari 2018 NAB/unit CIMB Principal Pasar Uang adalah Rp1.054,35.. Naik kurang dari 1% .. Lebih baik daripada berkurang karena biaya admin bukan? Ehehehe

Pada awalnya BukaReksa hanya menyediakan jenis Reksadana Pasar Uang yaitu CIMB Principal Pasar Uang dan Reksadana Syariah Mandiri Pasar Uang. Tapi setelah saya cek 18 Januari 2018 ini, mereka juga punya produk Reksadana Pendapatan Tetap Syailendra Fixed Income Fund, CIMB Principal Total Return Bond Fund, Mandiri Investa Dana Syariah, dan Reksadana Ashmore Dana Obligasi Nusantara.

Produk Reksadana Campuran Kresna Flexima dan Cipta Syariah Balance juga ada di BukaReksa. Untuk kamu yang ingin punya Reksadana jenis Saham, bisa beli produk BNP Paribas Pesona atau BNP Paribas Pesona Syariah, NAB/unit per 18 Januari 2018 BNP Paribas Pesona adalah Rp29.807,6 dan NAB/unit untuk BNP Paribas Pesona Syariah adalah Rp2.707,47

Pembelian Reksadana di BukaReksa cukup mudah. Pertama tentu saja kamu buat akun Bukalapak. Klik BukaReksa di pilihan menu yang tersedia. Nah dari beberapa jenis yang ada, tinggal kamu pilih mana yang cocok dengan kamu. Ada Pasar Uang, Pendapatan Tetap, Campuran, dan Saham. Untuk perbedaan tiap jenisnya bisa kamu baca di Jenis-jenis Reksadana, Mana Yang Cocok Ya?

Tiap produk mempunyai jumlah minimal pembelian, mulai dari 10.000 sampai 100.000 minimal pembelian juga ada.

Pilihan pembayaran sama seperti kalau kita beli di BukaLapak, ada pilihan transfer bank, KlikPay, E-Cash, dsb.

Setelah pembayaran, tunggu aja sampai status transaksi kamu berhasil. Mungkin sekitar 2-3 hari kerja.

Setiap bulan ada laporan dari produk Reksadana yang kamu punya atau disebut portofolio, yang dikirim ke email. Seperti laporan keuangan ringan, dan transaksi apa saja yang kamu lakukan dalam sebulan itu.

Saya sebagai pemula sangat terbantu dengan pembelian Reksadana secara online di BukaReksa. Memilih produk-produk juga lebih mudah karena ada grafik rincian pertumbuhan produk. Apalagi dengan investasi awal yang sangat murah, membuat saya lebih senang menyimpan uang di Reksadana daripada di rekening tabungan biasa.

Jadi kapan kamu buka investasi Reksadana pertamamu?

1 thought on “Pengalaman Investasi Reksadana di BukaReksa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *